Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pancasila(P5) pada MTsN 11 Bireuen, rencana pelaksanaannya yaitu meliputi 3 tema : Pertama tema kearifan lokal, Kewirausahaan, serta bela negara.
Pelaksanaan tema kearifan lokal tentu saja sangat tepat dilaksanakan pada MTsN 11 Bireuen mengingat tersedianya lahan yang memadai. Pada awal pelaksanaan proyek ini dilakukan kajian terhadap kearifan lokal di lokasi MTsN 11 Bireuen terkait pertanian Ubi dan serai.
Menurut Cek Gu Zubir, M.Pd selaku koordinator tema Kearifan Lokal mengungkapkan Langkah-langkah ini dilakukan untuk memahmi praktik-praktik tradisional dan pengetahuan lokal yang telah menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat setempat. Untuk itu memerlukan beberapa tahap
1. Tahap Persiapan
Ini dilakukan dengan mengendentifikasi lokasi, Lokasi dipilih lahan yang tersedia pada MTsN 11 Bireuen sehingga perlu untuk mengecek unsur Hara yang ada pada tanah tersebut. Ini sangat perlu untuk merancang pada pogram pelatihan
2. Tahap pelatihan
Pada tahap ini dilakukan dengan pembentukan beberapa kelompok secara berfariasi, dengan menggabungkan siswa/i kelas VII dan VIII dengan mempertimbangkan berbagai macam kendala yang dihadapi nantinya.
3. Tahap Teknis
Pada tahap ini tentu saja melibatkan pakar-pakar petani yang berpengalaman dan handal untuk memberikan pelatihan dari mulai persiapan lahan hingga perawatan tanaman. Pakar-pakar petani handal yang dimiliki oleh lembaga MTsN 11 Bireuen antara lain: Syar'iah, S.Pd selaku guru IPA, Dra. Zahriah Selaku Guru IPS, Dra. Rohani selaku guru B.Arab, Dra. Kasmiah Selaku Guru Agama dan seluruh warga MTsN 11 Bireuen.
4. Tahap Implementasi
Pada saat praktik di lapangan kepada semua kelompok yang sudah terbentuk diberikan kesempatan untuk langsung mempraktikkan apa yang sudah dipelajari. Pada saat praktik berlangsung tentu saja didampingi oleh guru pendamping untuk memberikan dukungan dan motivasi. Selama implementasi di lapangan guru pendamping juga berperan dalam mengatasi kendala yang mungkin muncul.
5. Tahap Evaluasi
Pada tahap ini dilakukan pemantauan secara berkala terhadap pertumbuhan tanaman ubi dan serai yang ditanam oleh kelompok - kelompok tersebut.
5. Tahap Dokumentasi dan Diseminasi
Proses pelaksanaan proyek didokumentasikan melalui foto, video dan catatan-catatan kecil. Dan diseminasi hasil proyek berupa peningkatan pengetahuan siswa/i tentang penanaman Ubi dan serai secara benar.
Menurut Salma, S.Ag.,M.Pd selaku Plt Kepala Madalah melalui Proyek P5 khususnya tema kearifan lokal dalam budidaya tanaman Ubi dan Serai diharapkan kepada siswa/i dapat memperoleh pengetahuan serta dapat diimplementasikan dalam kehidupan nantinya, juga dapat melestarikan kearifan lokal dalam praktik pertanian.